Syarat & Ketentuan

Tanggal efektif: 1 Januari 2020

Definisi

1. Layanan adalah layanan urun dana yang diselenggarakan dan dikelola oleh Penyelenggara dengan melakukan penawaran Saham milik Penerbit kepada Pemodal atau masyarakat umum melalui Platform Vestora dan layanan-layanan lain yang disediakan oleh Penyelenggara melalui Platform Vestora sebagaimana diatur di dalam POJK Layanan Urun Dana.
2. Penyelenggara adalah PT HALALVESTOR GLOBAL ASIA (“Vestora”) sebagai pihak yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan Layanan Urun Dana. 
3. Pengguna adalah Penerbit dan Pemodal.
4. Penerbit adalah badan usaha berbentuk perseroan terbatas, merupakan pihak yang melaksanakan Layanan Urun Dana yang menawarkan Sahamnya berbasis teknologi melalui dengan menggunakan jasa dari Layanan Urun DanaPenyelenggara.
5. Pemodal adalah pihak yang melakukan pembelian Saham Penerbit melalui PenyelenggaraLayanan Urun Dana.
6. POJK Layanan Urun Dana adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor : 37/POJK.04/2018 tanggal 31 Desember 2018, beserta perubahan-perubahannya.
7. Saham adalah nilai Saham milik saham dari Penerbit selama yang ditawarkan melalui Layanan Urun Dana berlangsung.
8. Platform Vestora adalah a) portal web dan atau versi mobile dari portal web yang dibuat, dimiliki, dan dikelola oleh Vestora yang saat ini terletak di dan dapat diakeses pada URL berikut: www.vestora.id berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu; dan/ atau (b) aplikasi mobile dari www.vestora.id yang dibuat, dimiliki, dan dioperasikan oleh Vestora termasuk iOS dan android berikut perubahannya dari waktu ke waktu;
9. Hari Kalender adalah hari Senin sampai dengan hari Minggu, termasuk hari libur Nasional yang ditetapkan Pemerintah Indonesia sebagaimana perhitungan tahun kalender Masehi.
10. Hari Kerja adalah hari kerja dimana Penyelenggara beroperasi.
11. Perjanjian Layanan Urun Dana adalah perjanjian antara Penyelenggara dengan Pemodal atau Penerbit yang akan ditandatangani secara tertulis atau elektronik sebelum Pengguna melakukan pembelian/ penyertaan Saham atau penghimpunan dana melalui Platform Vestora.

Akun Vestora

1. Untuk dapat menggunakan Layanan, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan diri dan membuat akun pada Platform Vestora (“Akun”).

2. Anda setuju untuk menyediakan segala informasi yang diminta oleh Vestora pada Akun Anda dengan benar, akurat, terkini dan lengkap, dan terus menjaga agar segala informasi tersebut tetap benar, akurat, terkini, dan lengkap.

3. Anda setuju untuk selalu menjaga Akun milik Anda untuk tidak digunakan oleh pihak lain selain Anda termasuk menjaga keamanan dan kerahasiaan Akun dan kata sandi. Anda juga setuju untuk tidak menggunakan akun pihak lain tanpa izin dari pihak yang bersangkutan. segala akibat dari digunakannya Akun baik oleh pihak lain yang diizinkan oleh Anda atau tanpa izin Anda akibat dari kelalaian Anda sehingga Akun digunakan oleh pihak lain adalah tanggung jawab Anda sendiri.  

4. Anda harus segera memberitahu Vestora apabila terdapat pelanggaran keamanan atau penggunaan Akun secara tidak sah. Anda juga diharuskan untuk segera melakukan perubahan atas kata sandi Anda. Selanjutnya Anda memahami dan setuju bahwa Vestora berhak untuk memberhentikan akun Anda atau memblokir akses Anda terhadap Akun anda dan Layanan apabila Anda melanggar ketentuan dalam menjaga keamanan kata sandi Anda.

Pelaksanaan Penghimpunan Dana

  1. Penerbit dapat mengajukan permohonan penghimpunan dana, baik yang sudah berjalan maupun usaha baru yang akan dibentuk (untuk selanjutnya disebut “Penghimpunan Dana”). 2.Permohonan Pendanaan Usaha yang telah disetujui oleh Penyelenggara dengan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Penyelenggara akan ditampilkan pada Platform Vestora dalam jangka waktu paling lama 60 (enam puluh) Hari Kalender (“Masa Penawaran Saham”) untuk dapat didanai oleh Pemodal dalam bentuk pembelian/ penyertaan Saham (“Penawaran Saham”). 
  2. Penerbit memahami dan menjamin bahwa penawaran saham hanya dapat dilakukan melalui 1 (satu) penyelenggara layanan urun dana dalam jangka waktu yang bersamaan (exclusive).
  3. Batas maksimum Penghimpunan Dana melalui Platform Vestora oleh Penerbit dalam jangka waktu 12 (dua belas) bulan paling banyak sebesar Rp 10.000.000.000,00 (sepuluh miliar Rupiah) atau nilai lainnya yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan melalui Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan.
  4. Penawaran Saham oleh Penerbit dapat dilakukan dalam 1 (satu) kali penawaran atau lebih.
  5. Pihak yang memiliki kemampuan analisis risiko terhadap saham Penerbit dan memenuhi kriteria pemodal sebagaimana diatur dalam POJK dan berkeinginan untuk melakukan penyertaan saham dan/atau Pembelian Saham (Pemodal) dapat membeli saham melalui Platform Vestora dengan membuat Akun dan melakukan penyetoran saham yang akan dibeli ke dalam rekening penampung (escrow account) yang dikelola oleh Penyelenggara serta memberi kuasa kepada Penyelenggara sebagaimana diatur di dalam Perjanjian Layanan Urun Dana antara Penyelenggara dan Pemodal.
  6. Pembelian /penyertaan Saham oleh Pemodal selama Masa Penawaran Saham melalui Platform Vestora dilakukan dengan menyetorkan sejumlah dana pada escrow account Penyelenggara.
  7. Pemodal dapat melakukan pembatalan atas pembelian Saham milik Penerbit melalui Platform Vestora paling lambat 2×24 jam setelah melakukan pembelian saham dan paling lambat 2 (dua) hari kerja setelah pembatalan pemesanan pembelian saham, Penyelenggara akan mengembalikan dana milik Pemodal ke dalam rekening yang ditunjuk oleh Pemodal.
  8. Setelah dana yang diperlukan untuk Pendanaan Usaha telah mencukupi, maka Penyelenggara akan menyatakan bahwa Penghimpunan Dana tersebut telah “Terpenuhi” atau “not available”. Selanjutnya Penyelenggara akan menyerahkan dana dari Pemodal kepada Penerbit selambat-lambatnya 21 (dua puluh satu) hari kerja setelah berakhirnya Masa Penawaran Saham. Baik dalam hal Penghimpunan melalui Pengambilalihan/Take Over maupun Grand Opening, Penerbit diwajibkan menyerahkan saham kepada Penyelenggara untuk didistribusikan kepada Pemodal paling lambat 5 (lima) hari kerja setelah Penerbit menerima dana Pemodal dari Penyelenggara dan pendistribusian saham dapat dilakukan secara elektronik melalui penitipan kolektif pada kustodian paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja.
  9. Berdasarkan kesepakatan dengan Penyelenggara, Penerbit dapat menetapkan minimum jumlah dana yang harus terhimpun dengan menyampaikan rencana penggunaan dan sumber pendanaan lain untuk Pendanaan Usaha. Selama Masa Penawaran, Penerbit dilarang dan/atau tidak dibenarkan untuk mengubah jumlah minimum dana yang harus terhimpun. Apabila jumlah minimum dana yang harus terhimpun tidak terpenuhi, maka Penawaran Saham melalui layanan urun dana tersebut menjadi batal demi hukum (null and void). Untuk itu, Penyelenggara akan mengembalikan dana beserta seluruh manfaat yang timbul dari dana tersebut selama dalam rekening penampung (escrow account) secara proporsional kepada Pemodal selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja setelah Penawaran Saham batal demi hukum.
  10. Pengguna mengerti dan memahami bahwa segala syarat dan ketentuan mengenai Penghimpunan Dana yang tidak disebutkan dan diatur di dalam S&K Layanan ini akan diatur lebih lanjut di dalam Perjanjian Layanan Urun Dana antara Penyelenggara dengan Pemodal atau Penerbit yang akan ditandatangani secara terpisah sebelum Pengguna melakukan pembelian/ penyertaan Saham atau penghimpunan dana melalui Platform Vestora.

Kebijakan Privasi

Penggunaan dan akses Layanan akan tunduk kepada ketentuan yang diatur di dalam Kebijakan Privasi yang diatur di dalam Platform Vestora, yang dapat diakses di https://www.vestora.id/privacy-policy. Dengan menyetujui S&K Layanan ini, Anda setuju bahwa Anda telah memahami dan menyetujui isi dari Kebijakan Privasi. S&K Layanan ini dan Kebijakan Privasi adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang harus Anda pahami dan setujui sebelum anda dapat membuat Akun dan menggunakan Layanan.

Biaya dan Pajak

1.Untuk setiap nominal nilai investasi yang disetorkan Pemodal, akan dikenakan biaya penggunaan Layanan (selanjutnya disebut “Biaya Layanan”) sebesar 5% (lima persen) dari keseluruhan nilai investasi yang disetorkan oleh Pemodal. Biaya Layanan tersebut akan ditransfer secara otomatis ke rekening Penyelenggara sebagai biaya penggunaan Platform Vestora.

2. Setiap Dividen yang diterima oleh Pemodal, akan dipotong management feesebesar 5% (lima persen) secara otomatis.

3. Penyelenggara dan Pengguna setuju untuk bertanggung jawab atas setiap kewajiban pajak yang timbul atas penggunaan Layanan sebagaimana yang diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pernyataan dan Jaminan Penyelenggara


Penyelenggara dengan ini menyatakan dan menjamin hal-hal sebagai berikut:
1. Penyelenggara adalah badan hukum yang didirikan dan tunduk pada ketentuan hukum dan perundang-undangan Negara Kesatuan Republik
Indonesia.
2. Sepanjang yang diketahui oleh Penyelenggara, Penyelenggara dalam menjalankan kegiatan usahanya telah memiliki setiap perizinan yang dipersyaratkan termasuk namun tidak terbatas pada izin dalam bidang penyelenggaraan layanan urun dana melalui penawaran saham berbasis teknologi (equity crowdfunding) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perizinan tersebut, sampai ini masih berlaku dan/atau tidak sedang ditangguhkan oleh pihak yang berwenang.
3. Sepanjang yang diketahui oleh Penyelenggara, Penyelenggara dalam menjalankan kegiatan usahanya tidak melanggar hak atas kekayaan intelektual dari pihak ketiga lainnya.
4. Penyelenggara dengan ini menyatakan bahwa dalam memberikan dan/atau menyajikan data-data dan informasi-informasi terkait dengan Pemodal dan/atau penawaran saham melalui layanan urun dana yang diselenggarakan oleh Penyelenggara, Penyelenggara sepenuhnya mempercayakan, mengandalkan dan bersandarkan pada semua data-data dan/atau informasi-informasi yang diberikan oleh Penerbit kepada Penyelenggara.
5. Penyelenggara dengan ini menyatakan bahwa Penyelenggara tidak pernah membuat pernyataan-pernyataan atau jaminan-jaminan, baik secara tegas maupun tersirat, terhadap kualitas, akurasi dan kelengkapan informasi yang disediakan oleh Penyelenggara pada platform layanan urun dana melalui penawaran saham berbasis teknologi terkait dengan kegiatan usaha Penerbit.
6. Penyelenggara dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa dana pemodal yang ada dalam rekening virtual account dan/atau escrow account atas nama Penyelenggara dan/atau atas nama bersama dari Penyelenggara, Penerbit dan Pemodal adalah merupakan dana milik masing-masing Pemodal, dan bukan merupakan harta kekayaan (aset) milik Penyelenggara. Selanjutnya, harta (aset) tersebut tidak dapat dan bukan merupakan harta pailit (boedel pailit), dalam hal Penyelenggara dinyatakan pailit berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Larangan Penggunaan

1. Pengguna dilarang menggunakan Layanan untuk kegiatan yang ilegal atau tidak sah atau yang sejenisnya atau untuk tujuan yang melanggar hukum, undang-undang dan ketentuan apapun yang diatur di negara Republik Indonesia (termasuk namun tidak terbatas pada setiap peraturan perundang-undangan dan hukum terkait hak atas kekayaan intelektual).
2. Pengguna setuju untuk tidak menjiplak, mereproduksi, menduplikasi, menyalin, menjual, atau mengeksploitasi bagian manapun dari Layanan tanpa izin tertulis dari Penyelenggara. 3. Pengguna dilarang melanggar hak kekayaan intelektual Penyelenggara atau pihak ketiga manapun sehubungan dengan penggunaan Layanan; 4. Pengguna dilarang menggunakan Layanan selain dari cara yang telah ditentukan oleh Penyelenggara atau dengan cara yang dapat merusak, melumpuhkan, membebani, membuat cacat, atau melemahkan sistem atau keamanan Layanan atau mengintervensi pengguna lainnya; 5. Pengguna dilarang memperoleh atau mengumpulkan informasi atau data apapun dari layanan atau sistem Penyelenggara atau mencoba untuk mengurai segala transmisi menuju atau dari server Penyelenggara yang menjalankan Layanan;  6. Pengguna dilarang mengungkapkan atau mendistribusikan informasi terkait Pengguna Layanan lainnya kepada pihak ketiga manapun, atau menggunakan informasi Pengguna lain manapun untuk tujuan pemasaran kecuali anda telah memperoleh persetujuan tertulis dari Penyelenggara untuk melakukan hal tersebut; atau  7. Pengguna dilarang mengakses atau membuat Akun melalui bots atau metode terotomasi lainnya.  

Pembatasan Tanggung Jawab

Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas segala kerugian langsung dan/atau tidak langsung termasuk namun tidak terbatas pada, kerugian atas kehilangan atau berkurangnya laba, potensi keuntungan, penggunaan, hilangnya data atau kehilangan tidak berwujud lainnya, yang diakibatkan oleh: (a) ketidakmampuan penggunaan Layanan (secara keseluruhan atau sebagian) oleh Pengguna (b) akses yang tidak sah pada, atau perubahan dari, komunikasi atau data Anda; (c) tindakan pihak ketiga sehubungan dengan Layanan; (d) pelanggaran S&K Layanan oleh Anda; (e) tuntutan atas pelanggaran hak kekayaan intelektual pihak ketiga atau hak-hak lainnya, pencemaran nama baik; (f) pelanggaran oleh Anda atas hukum yang berlaku atau perjanjian manapun terkait ketentuan dengan pihak ketiga, dalam hal mana Anda terikat; dan/atau (g) pelanggaran hal lainnya sehubungan dengan serta penggunaan Layanan. 

Layanan Apa Adanya

1. Anda memahami dan setuju bahwa Layanan yang disediakan oleh Penyelenggara adalah bersifat “apa adanya” (as is) dan “sebagaimana tersedia” (as available), dan Pengguna memahami segala risiko dari Penggunaan Layanan.

2. Anda memahami dan setuju bahwa Penyelenggara tidak memberikan jaminan apapun bahwa:
(a) Layanan akan memenuhi kebutuhan spesifik dari Anda;
(b) Layanan akan selalu tersedia kapanpun, aman dan bebas dari kesalahan (error), gangguan, kejahatan dari pihak ketiga atau kerusakan;
(c) Layanan akan selalu akurat, sesuai ekspektasi, dan dapat diandalkan
(d) setiap kesalahan (error) pada Layanan akan diperbaiki sesuai yang Anda harapkan;
(f) Layanan dapat diakses dan/atau akan kompatibel dengan setiap perangkat komputer, peripheral komputer, sistem operasi atau perangkat lainnya;
(g) Layanan yang disediakan sepenuhnya aman dan bebas dari bugs, virus, trojans dan komponen perangkat lunak berbahaya lainnya. Anda wajib untuk memastikan bahwa sistem komputer dan perangkat Anda memiliki anti-virus dan secara rutin diperbaharui, dan bahwa Anda melakukan penyimpanan cadangan (back-up) secara rutin atas sistem komputer dan perangkat Anda.

3. Anda memahami dan setuju bahwa dalam menyediakan perangkat keras (apabila ada), perangkat lunak, jaringan, konektivitas , penyimpanan dan teknologi lainnya yang digunakan untuk mendukung penyediaan Layanan, Penyelenggara dapat menggunakan pemasok dari pihak ketiga. Penyelenggara akan selalu memastikan bahwa penyediaan perangkat keras, perangkat lunak, jaringan, konektivitas (jaringan), penyimpanan (storage), dan teknologi lainnya yang digunakan untuk mendukung penyediaan Layanan telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Penyelenggara, tetapi segala tindakan, perbuatan, kualitas barang, dan apapun yang disediakan dari pemasok mungkin dapat di luar kendali Penyelenggara, dan Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas adanya kerugian atau kerusakan yang diderita oleh Pengguna akibat dari tindakan atau perbuatan pemasok tersebut, sejauh mana diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku.

Keadaan Memaksa (Force Majeur)

1. Penyelenggara dan/atau Pengguna dibebaskan dari kewajibannya berdasarkan
Perjanjian ini dalam hal terjadinya, dan selama terjadinya suatu Keadaan Kahar.
2. Yang dimaksud dengan Keadaan Kahar (“Force Majeure”) adalah suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi di luar daya upaya manusia dan/atau tidak dapat diduga atau diprediksi sebelumnya dan/atau di luar kendali kekuasaan salah satu dari Penyelenggara dan/atau Pengguna untuk mengatasinya, yang mengakibatkan terhambatnya pelaksanaan kewajiban salah satu dari Penyelenggara dan/atau Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada:
a. Kejadian atau peristiwa yang terjadi atas kehendak Tuhan, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam angin topan, angin puting beliung, wabah penyakit, gempa bumi, petir, banjir, tsunami, kebakaran, tanah longsor dan/atau bencana alam lainnya.
b. Huru-hara, kerusuhan sipil, peperangan, pemberontakan, mogok kerja, sabotase, perbuatan perusakan/penghancuran (vandalisme), embargo, tindakan pemerintah, perubahan peraturan perundang -undangan, gangguan sistem teknologi informasi dan/atau kegagalan sistem serta alih kelola sistem teknologi informasi, baik yang disebabkan oleh penyadapan oleh pihak ketiga maupun bukan dan/atau sebab-sebab serupa lainnya, yang terjadi di luar kekuasaan dan kemampuan Penyelenggara dan/atau Pengguna yang menyebabkan Penyelenggara dan/atau Pengguna tidak dapat memenuhi kewajibannya berdasarkan syarat dan ketentuan umum ini.
3. Dalam hal terjadi Force Majeure, Pihak yang tertimpa dan/atau terdampak oleh Force Majeure, harus memberitahukan secara tertulis atau melalui surat elektronik (email) kepada Pihak lain yang tidak tertimpa dan/atau terdampak oleh force majeure, selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kalender sejak terjadinya Force Majeure dimaksud.
4. Dalam hal Force Majeure berlanjut hingga dan/atau berlangsung lebih dari 30 (tiga puluh) hari kalender berturut-turut dan/atau berdasarkan besarnya dampak Force Majeure terhadap pelaksanaan Perjanjian ini, dengan berdasarkan itikad baik, Penyelenggara dan Pengguna dapat melakukan konsultasi dan/atau musyawarah untuk memutuskan kelanjutan dan/atau keberlangsungan dari Perjanjian ini.
5. Tidak satupun dari Penyelenggara dan/atau Pengguna bertanggung jawab atas kerugian yang mungkin timbul dan/atau diderita oleh pihak lainnya dan/atau pihak ketiga lainnya yang disebabkan oleh suatu kegagalan atau keterlambatan pelaksanaan dari Perjanjian ini yang disebabkan oleh Force Majeure. Namun demikian, Pihak yang tertimpa dan/atau terdampak oleh Force Majeure, akan melakukan upaya yang sewajarnya untuk memenuhi kewajibannya dan/atau
mengurangi kerugian bagi Penyelenggara dan Pengguna atas terjadinya Force Majeure.

Yurisdiksi dan Penyelesaian Sengketa

S&K ini diatur oleh dan diartikan secara keseluruhan sesuai dengan Hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penyelenggara dan Pengguna dengan ini secara tegas menyetujui untuk melaksanakan kewajiban mereka masing-masing sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini dan/atau di kemudian hari.
Segala perbedaan, perselisihan dan/atau sengketa yang timbul dari S&K Layanan ini akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat, apabila penyelesaian sengketa secara musyawarah untuk mufakat tidak tercapai dalam waktu selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kalender, Penyelenggara dan Pengguna sepakat untuk menyelesaikan Sengketa yang timbul melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”) berdasarkan dan sesuai dengan ketentuan dan peraturan hukum Republik Indonesia serta aturan penyelesaian Sengketa yang yang berlaku pada BANI.